Festival Ekstrakurikuler 2024: Aktualisasi Bakat dan Minat Santri SMA-MAU BP Amanatul Ummah

Festival ekstrakurikuler sekolah digelar pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024 di halaman sekolah SMA MAU Berbasis Pesantren Amanatul Ummah. Acara ini merupakan rangkaian dari agenda Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) santri SMA MAU Berbasis Pesantren Amanatul Ummah.

Festival ekstrakurikuler ini merupakan gebrakan baru dari panitia MPLS yang mana pada tahun tahun sebelumnya pengenalan ekstrakurikuler ini belum dilakukan secara festival yang eksklusif. Alhamdulillah pada tahun 2024 ini atas dorongan dari Koordinator SMA MAU Berbasis Pesantren Amanatul Ummah, Gus H. Muhammad Ilyas Lc.,MA., festival ekstrakurikuler ini bisa terlaksana dengan baik.

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.50 WIB ini terlaksana dengan meriah. Master of Ceremony (MC) dari panitia membuka kemeriahan dengan menggunakan tiga bahasa yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jepang dan Bahasa Arab, MC yang merupakan member dari ekstrakurikuler Language Club ini mampu mengaplikasikan skill kebahasaan mereka sekaligus mempromosikan ekstrakurikuler mereka kepada peserta festival. Mengawali kegiatan dengan Tilawah Al Qur’an yang dibacakan dengan merdu oleh anggota ekstrakurikuler Qiro’ah, saudara kembar Zaky dan Fathi.

Rangkaian acara festival ini secara bergantian diisi penampilan dari anggota ekstrakuler yang ada di sekolah. SMA MAU BP Amanatul Ummah memiliki beberapa ekstrakurikuler yang bersifat wajib dan pilihan. Adapun ekstrakurikuler wajib di SMA-MAU BP Amanatul Ummah yaitu Banjari, Palang Merah Remaja (PMR), Videografi, Language Club of English, Language Club of Arabic, Pramuka, Futsal dan Paskibra. Sedangkan ekstrakurikuler yang bersifat pilihan yaitu antara lain Paduan Suara, Language Club of Japanese, dan Qiro’ah.

Panitia ekstrakurikuler yang merupakan siswa siswi kelas XI SMA MAU Berbasis Pesantren Amanatul Ummah mampu menunjukkan penampilan yang memukau di depan peserta festival, setiap ekstrakurikuler memiliki kreasi yang unik dan atraktif untuk mengajak para santri kelas X untuk bergabung di ekstrakurikuler mereka wakili. Pada sesi selanjutnya setelah istirahat siang, festival dilanjutkan dengan presentasi video berisi demo dari masing masing unit ekstrakurikuler. Pada akhir sesi, peserta festival yang merupakan siswa siswi kelas X mengisi formulir pendaftaran ekstrakurikuler pada stand yang disediakan masing masing unit ekstrakurikuler. 

Festival ekstrakurikuler ini diharapkan dapat mendukung untuk proses belajar siswa siswi di SMA MAU Berbasis Pesantren Amanatul Ummah yang mewadahi bakat dan minat para santri yang merupakan Gen-Z untuk terus berkembang di era digital ini. Santri diharapkan tidak hanya ahli dibidang agama dan akademis, lebih dari itu mereka diharapkan memiliki talenta positif untuk menjadi santri qurani berprestasi.


Ikuti informasi terupdate di SMA MAU Berbasis Pesantren Amanatul Ummah melalui platform media sosial kami di Instagram, Facebook & TikTok.


Komentar



PUBLISHED BY

Mokhamad Gufron, S.Pd